Wednesday, November 25, 2009 at 1:26am

Ahli ekonomi bilang pengangguran adalah sumber masalah. Pengangguran berbuah kemiskinan, membuat frustasi, mendorong orang berbuat jahat. Mungkin hal itu benar adanya. Inilah kisah manusia yang kurang kerjaan. Yang kerjanya tak lebih dan kurang hanya tidur, makan, main internet dan nonton tv. Intinya hanya berleha-leha dan bermalas-malasan layaknya bangsawan eropa. Karena suatu penyakit rekayasa yang tidak memperbolehkan ia kelelahan, nathan dibiarkan tinggal di rumah, semua biaya hidup ditanggung orangtuanya. Ia hidup berkecukupan dan tak berkesusahan. Kalau bosan bermalasan, ia mengerjakan proyek-proyek aneh. Dari membuat cerpen sampai pergi ke teater. Kadang-kadang kebosanan mengantarkannya ide-ide yang tidak waras. Ia suka sekali membuat percobaan-percobaan aneh pada hewan-hewan seperti tikus, burung, kodok bahkan kucing peliharaannya. Bahkan ia tak segan membakar, menyetrum, bahkan membunuhnya. Kali ini proyeknya sungguh besar dan sungguh gila, membuat percobaan pada kucingnya untuk memakan daging manusia. Dagingnya sendiri.
Kucing itu bernama mick, usianya baru 6 bulan. Ayah nathan yang memungutnya dari jalan. Mick hanya kucing kampung biasa, belang hitam, matanya abu-abu. Mick suka bermain gulungan koran. Dulu nathan tak pernah bosan bermain dengannya namun kini ia sangat egois, hanya datang kalau lapar.
Mick suka makan ikan dan minum susu. Kadang ia juga suka makan ikan dan empal. Namun kali ini, nathan memberinya makanan baru, lemak perutnya. Awalnya mick tidak doyan, namun setelah daging itu dipotong kecil-kecil dan direbus, akhirnya menjadi santapan favorit mick.

Nathan sendiri sebenarnya benci perutnya yang gendut. Ia selalu ingin memberi lemaknya pada orang lain. Kali ini, impiannya berhasil. Lemak perutnya menjadi makanan kesukaan kucingnya. Waktu pertama kali mengiris daging perutnya, darahnya membanjiri lantai kamar mandi. Ia kesakitan luar biasa tapi senang layaknya seorang psikopat. Tapi kini dia sudah belajar cara melakukannya dengan bersih dari buku kedokteran. Ia selalu menelan obat untuk meredam rasa sakitnya. Kejadian ini selalu terjadi siang hari saat orang tuanya bekerja dan adiknya sekolah. Tidak ada satupun yang curiga, nathan pun terus larut dalam kegilaannya.

Sejak makan daging manusia, mick pun berubah. Dia jadi sangat agresif, tidak lagi suka makan ikan namun doyan berburu tikus. Dia juga suka bertengkar dengan kucing lain dan merusak barang-barang. Mick kini juga suka menggigit dan mencakar kaki orang bahkan sampai berdarah. Seisi rumah jadi membencinya, berkali-kali dia diusir dan disiram air tapi ia tidak kapok. Nathan merasa hasil percobaannya luar biasa, kucing kecil yang manis dan lucu telah berubah menjadi ganas dan teramat menyebalkan. Nathan ingin membunuhnya.
Malam itu, ia siap dengan golok dan obat bius, namun mick yang punya firasat bahaya berontak dengan buas dan mencakar muka nathan sejadi-jadinya. Kesal bukan kepalang, nathan segera mencingcangnya degan golok. “ku bikin sup saja nih kucing” ujar nathan, dengan gusar. Ia lalu memasak kucing itu. “enak juga kamu”,ujarnya sambil melahap sup kucing dgn nikmat.

Pagi harinya, nathan merasa ada yang aneh dengan dirinya. Tubuhnya penuh bulu, kukunya tajam, giginya bertaring, matanya berkilau seakan ia menjelma jadi kucing. Perutnya mendadak lapar dan ingin sekali makan daging. Ia pergi ke dapur dan menghabiskan semua daging yang ada. Namun ia tidak puas, ia masih lapar tapi ia tidak mau menyakiti siapapun yang tinggal di rumahnya. Maka ia kabur dari rumahnya dan memburu binatang apa saja, kucing, anjing, tikus, kambing, sapi, apa saja. Yang penting kenyang, yang penting ia puas. Begitulah hidupnya sebagai manusia kucing, berburu, makan lalu tidur kalu kenyang.

Sulit mencari hewan besar di kota itu. Mahluk itu susah kenyang karena dulu waktu ia jadi manusia biasa, ia juga selalu rakus soal makanan. Ia tidak suka daging sembelihan yang ia curi di tempat jagal ternak. Rasanya sudah tidak enak lagi baginya, dia butuh daging segar yang berdarah. Lama-lama ia juga memburu manusia. Ia suka anak-anak dan wanita gemuk yang kulitnya halus dan putih. Ia tidak suka pria karena kulitnya kasar dan bau. Kalau sudah makan daging manusia, ia bisa bertahan tanpa lapar berhari-hari. Kini manusia jadi santapan utamanya, hewan lain hanyalah cemilan.

Manusia kucing jadi desas-desus di seluruh negeri. Tidak ada yang pernah melihat persis penampakannya. Ia selalu beraksi malam hari, pintar memanjat dan cekatan melarikan diri. Korbannya selalu tewas mengenaskan, penuh cabikan. Polisi dan warga sudah mencari kemana-mana namun manusia kucing lebih cerdik dari mereka. Keluarga nathan juga tidak pernah tau, mereka pikir nathan dan mick menghilang karena dimakan manusia kucing. Begitulah akhirnya sang manusia kucing mengembara dari satu kota ke kota lain. Ia menebarkan kengerian di sepanjang perjalanan hidupnya. Ia kini menjadi legenda abadi, misteri yang tak pernah terkuak. Hati-hati siapa tau ia mengincar anda.

Satu pemikiran pada “Manusia Kucing (Oleh: Nany Ariany)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s