dedensaefudin

Kita membicarakan WP resiko rendah yang berhubungan dengan adanya fasilitas bagi PKP tertentu yang bisa mengajukan restitusi setiap masa pajak. Seperti yang kita ketahui bersama, dalam UU PPN yang baru (UU no. 42 tahun 2009) mengatur bahwa PKP hanya bisa mengajukan restitusi pada akhir tahun pajak.

Mengingat terdapat PKP tertentu yang secara sistem pasti lebih bayar, maka kepada PKP tersebut dapat mengajukan restitusi pada setiap masa pajak. Kita bisa mengatakan bahwa atas PKP tersebut pasti lebih bayar karena hal berikut:
1. PPN nol persen. Dengan PPN nol persen maka seluruh pajak masukannya (yang bisa dikreditkan) dapat direstitusi karena tidak ada pajak keluarannya. PPN nol persen dikenakan kepada para eksportir.
2. PPN tidak dipungut. Dengan PPN tidak dipungut maka tidak ada pajak keluaran sehingga pajak masukannya dapat diminta kembali.
3. PPN dipungut Pemungut PPN. Normalnya PPN dipungut oleh penjual, tetapi jika pembelinya menjadi Pemungut PPN seperti bendahara pemerintah maka PPN dipungut…

Lihat pos aslinya 129 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s